PENCANANGAN KAMPUNG KB

  26 Oktober 2017  |  DESA KANDANGAN

PENCANANGAN KAMPUNG KB DI DUSUN SUMBERDADI, DESA KANDANGAN KECAMATAN PESANGGARAN KABUPATEN BANYUWANGI

Oleh : Agus Mu'awan, SH. (Pendamping Lokal Desa) Kec. Pesanggaran

19 Oktober 2017

PESANGGARAN - Bertempat di salah satu halaman rumah warga Dusun Sumberdadi Desa Kandangan (Kamis, 19/10), Camat Pesanggaran. Drs. Hardiono mencanangkan Dusun Sumberdadi yang berada di Desa Kandangan, Kecamatan Pesanggaran Kabupaten Banyuwangi sebagai Kampung Keluarga Berencana (KB). Kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan Camat Pesanggaran "Tilik Kembang Desa" (tilik perkembangan Desa) di Desa Kandangan. 

Hadir dalam acara tersebut, diantaranya: perwakilan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan KB Kabupaten Banyuwangi, jajaran Forpimka Plus Kecamatan Pesanggaran (Danramil, Kapolsek, UPTD Pendidikan, Kepala KUA, Kepala Puskesmas), perwakilan PT. BSI, Kepala Desa se Kecamatan Pesanggaran, Bidan Desa, Pendamping Desa Kecamatan Pesanggaran, Kepala Dusun se Desa Kandangan, BPD Desa Kandangan, Lembaga Kemasyarakatan Desa Kandangan, Linmas, Kader Posyandu, Kader PKK dan segenap para tamu undangan.

Di awali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Mars KB. Dilanjutkan sambutan perdana oleh PJ. Kepala Desa Kandangan, Nasokah, SE. Dalam sambutannya menjelaskan terkait perkembangan Desa Kandangan seperti potensi luas wilayah, jumlah penduduk, jumlah KK, jumlah usia produktif, selayang pandang program KB di Desa Kandangan, dan potensi Desa. Potensi Desa yang mampu meningkatkan pendapatan Desa tersebut antara lain, sektor UKM, pertanian, perkebunan, peternakan dll.

"Di sebut Kampung KB karena merupakan salah satu Dusun yang melaksanakan Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga. Dengan melibatkan seluruh bidang yang ada dan bekerja sama dengan instansi terkait sesuai kebutuhan dan kondisi wilayah setempat dan dilaksanakan Pemerintah terendah". Demikian diungkapkan oleh perwakilan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan KB Kabupaten Banyuwangi, Fajar, M.Si dalam mengawali sambutannya terkait dicanangkannya Dusun Sumberdadi sebagai Kampung KB.

Indikator kampung KB Dusun Sumberdadi Desa Kandangan antara lain meningkatkan peserta KB baru, meningkatkanya peserta KB aktif, meningkatnya kualitas kesertaan ber KB, ibu hamil dan ibu menyusui terlayani, anak 0-6 tahun mendapat pelayanan terpadu dan Pendidikan Anak Usia Dini, postpartum dan puspumar terbina, unmeeted kurang dari 10 %.

Selain itu, Fajar juga menyatakan bahwa pencanangan Kampung KB merupakan tindak lanjut arahan Bapak Presiden Republik Indonesia Djoko Widodo agar manfaat Program KB dapat lebih dirasakan secara langsung oleh masyarakat terutama yang berada di wilayah miskin, padat penduduk, tertinggal, terpencil dan wilayah nelayan di seluruh tanah air.

Peresmian Dusun Sumberdadi sebagai kampung KB sendiri, ditandai dengan penabuhan gong dan pengguntingan pita serta membuka tirai spanduk dan/atau banner pencanangan Kampung KB oleh Camat Pesanggaran Drs. Hardiono. Dalam sambutannya Camat Hardiono mengatakan, atas nama Pemerintah Kecamatan Pesanggaran dan warga Dusun Sumberdadi mengucapkan terima kasih atas kehadiran segenap tamu undangan, dan mengapresiasi setinggi-tingginya atas ditunjuknya Dusun Sumberdadi sebagai tempat Pencanangan Kampung KB. Semoga momentum ini dapat memotivasi warga, dan dengan program-program pemerintah yang lain yang bersinergi dengan keluarga berencana, kualitas hidup masyarakat akan meningkat dan kesehjateraan akan membaik terutama bagi keluarga prasejahtera, harap Camat Pesanggaran.

Selain itu, Camat Hardiono juga menyampaikan harapannya kepada Pemerintah Desa yang ada di wilayah kerjanya agar program "SMART Kampung" yang dicetuskan oleh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas untuk sedapat mungkin diterapkan dan di implementasikan dengan baik di semua Desa di Kecamatan Pesanggaran termasuk Desa Kandangan sendiri guna meningkatkan percepatan dan pemerataan pelayanan publik yang berbasis Online menuju masyarakat yang sejahtera. Selain itu Camat juga berjanji akan mengajak seluruh Pemerintah Desa se Kecamatan Pesanggaran termasuk juga peran Pendamping Desa untuk secara bersama-sama mengkaji dan merumuskan formula terkait peluang pengalokasian anggaran dari APBDesa untuk menunjang pos kegiatan Program Kampung KB ini, entah nanti dari ADD ataupun DD nanti akan kita kaji semua terutama mekanisme dan regulasinya biar tidak menabrak rambu-rambu hukum yang ada. Bahkan saat ini banyak desa yang telah berinovasi, di bidang kesehatan. Desa memiliki mobil yang di modifikasi menjadi ambulan untuk menangani warga miskin yang sakit. Masih dalam paparan Camat Hardiono,
"Kecamatan Pesanggaran saat ini menjadi Kecamatan istimewa di Kabupaten Banyuwangi karena terdapat sebuah tambang emas besar yang sedang dikelola oleh PT. BSI, sehingga diharapkan ada potensi penyaluran CSR yang diperuntukkan kepada Kecamatan untuk dimanfaatkan guna mendukung program Kampung KB ini dan sejenisnya karena Pemkab Banyuwangi tahun ini anggarannya habis dan/atau minim anggarannya. Dan harapan saya rangkaian agenda kegiatan program Kampung KB ini tidak hanya sebagai Ceremonial saja, akan tetapi lebih dari itu dan harus ada Follow-upnya yang bermuara pada kesejahteraan warga masyarakat", pungkas Hardiono di akhir paparannya.

Seperti diketahui, program KB saat ini tidak hanya sekedar untuk meningkatkan peserta pengguna alat kontrasepsi dan menekan jumlah penduduk. Namun Program KB lebih mengarahkan dan mendidik masyarakat untuk memiliki perencanaan dalam membangun keluarga dan memberikan dampak strategis jangka panjang. Karena di Banyuwangi sendiri berdasarkan data, pengguna KB sudah mencapai angka 70 persen. Dan juga hingga saat ini di Kabupaten Banyuwangi sudah ada beberapa Desa yang diresmikan menjadi Kampung KB, diawali dengan peresmian Kampung KB di Desa Sumber Baru Kecamatan Singojuruh (17/4) yang diresmikan secara simbolis oleh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. Di tahun 2017 ini Pemkab menargetkan satu Kecamatan sudah ada satu Kampung KB.

Di penghujung rangkaian acara kegiatan ini, ditutup dengan pembacaan do'a yang dibacakan oleh Kepala KUA Kecamatan Pesanggaran.

 

Contact Details

  Alamat :   Jl. Poncomoyo No. 25 Kandangan
  Email : dkandangan55@gmail.com
  Telp. : 081336080444 (Kasi. Kesejahteraan dan Pelayanan)
  Instagram : -
  Facebook : Kantor Desa Kandangan
  Twitter : -


© 2019,   Web Desa Kabupaten Banyuwangi